Posted on

History of a Bag (Sejarah Tas)

tas tangan kulit

Kisah Tas dari Masa ke Masa

Tas merupakan item fashion yang tak pernah lepas dari perempuan. Menarik, jika kita memutar waktu ke belakang untuk menyimak benda favorit para perempuan setelah perhiasan. Seperti apa bentuk, fungsi, dan material tas dari masa ke masa.

 

Di zaman prasejarah, tas terbuat dari bahan-bahan alami seperti kulit dan kayu. Fungsinya pun baru sebagai item perlengkapan untuk membawa makanan atau benda ringan lainnya. Pada Dinasti Tang, muncullah tas berbahan kertas tebal yang biasa disebut dengan paper bag. Di masa tersebut, paper bag digunakan sebagai pembungkus bahan obat-obatan tradisional dalam bentuk serbuk atau bubuk.

 

Baru pada abad ke-14, mulai diproduksi tas berbahan kain, vinyl, dan kulit sintetis. Di masa ini, tas digunakan untuk menyimpan benda berharga, seperti jam, kitab, dan perhiasan lainnya. Mulai ada aksen tali pada tas, kaum Hawa pada abad itu menyukai tali yang disebut tasques. Pada masa ini, di mesir orang-orang senang memakai tas pinggang ke mana pun. Sulaman dan perhiasan yang ada pada tas tersebut, menunjukkan status sosial. Semakin sulit dan lama pembuatan tas, maka semakin tinggi pula statusnya.

 

Berikutnya pada abad ke-15, muncullah inovasi bernama the seal bag yang populer di masa itu. Karena dirasa kurang praktis, kemudian diciptakanlah handbag berukuran besar pada abad ke 16 untuk memuat lebih banyak barang bawaan. Tas ini terbuat dari bahan kulit dengan dengan kancing pengikat pada bagian atasnya.

 

Di abad ke 17, tren fashion sudah mulai mempengaruhi model tas dengan sentuhan rajutan dan sulaman sebagai pemanis. Biasanya tas ini diperuntukkan sebagai hadiah pernikahan. Pada abad ke-18 seiring dengan penemuan kereta uap dan perkembangan tren busana neo-classical, tren tas tangan menjadi lebih berkembang bukan hanya sebagai pembawa barang, tetapi juga membawa aksesori kecantikan bagi para wanita. Di masa ini, koper pertama kali diproduksi.

 

Pada abad ke-19, penggunaan kata handbag mulai ditujukan kepada tas dengan cara dijinjing dan biasanya dibawa oleh pria. Hal ini merupakan cikal bakal dan inspirasi untuk tas yang akhirnya populer dikalangan wanita. Tepatnya pada tahun 1920 yang menunjukkan revolusi tas dalam dunia fashion, dimana penggunaan tas tidak harus selalu sesuai dengan pakaian yang dipakai.

 

Pada abad ini juga mulai dibentuk tas-tas rucksack military yang dipergunakan untuk perlengkapan perang. Pada tahun 50-an, lahirlah cikal bakal tas legenda seperti Hermes, Chanel, dan Louis Vuitton. Mulai pada tahun 1960-an hingga saat ini, model dan material tas kian beragam membuat kita jatuh hati setiap meliriknya.

 

Demikian info seputar sejarah tas yang kita kenal sekarang. Nga nyangka yah, ternyata tas awalnya dipakai oleh para pria.

Untuk melihat berbagai koleksi tas kami silahkan kunjungi facebook kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *